Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tujuan Pernikahan Dalam Agama Islam Yang Wajib Diketahui Calon Pengantin !

 

Pexel.com

Pernikahan didalam islam merupakan suatu yang sakral dan suci, karena itu pernikahan bukan tentang cinta sesaat, tetapi juga cinta seumur hidup karena merupakan Ibadah sunnah terpanjang yang dilalui oleh pasangan muslim, jadi jangan dilakukan secara sembarang.

Pernikahan merupakan sunnah yang sangat dianjurkan oleh rasulullah SAW, yang dimana nabi Muhammad SAW memberikan ancaman yang serius bagi umatnya yang tidak menyukai sunnah menikah seperti sabdanya :

...Ada apa dengan mereka ? mereka berkata begini dan begitu, padahal aku sendiri sholat dan juga tidur, berpuasa dan juga berbuka, dan aku juga menikahi wanita. maka siapa yang membenci sunahku ( menikah ), berarti bukan dari golonganku ( HR muslim no 2487 )

Lalu tujuan pernikahan dalam agama islam apa ? yuk simak penjelasannya :

1. Untuk Melaksanakan Ibadah Sesuai Perintah Allah SWT
Dengan melaksanakan pernikahan secara langsung menjalankan ibadah sesuai perintah allah, karena berpedoman dengan firman allah didalam alquran yang berbunyi :
"dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak ( berkawin ) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin allah akan memampukan mereka dengan karuniannya. dan allah maha luas ( pemberiannya ) lagi maha mengetahui ( QS-ANNUR ayat 32 ).

2. Membuka Pintu Rizki
Tahukah kamu kalau menikah dapat membuka pintu rizki sesuai Firman allah di surat Qs : Annur ayat 32 yang telah disebutkan di poin 1, karena dengan menikah pintu rizki akan terbuka lebar, ingat hakikat rizki itu sangat luas, penilaian rizki bukan hanya dari harta saja, tetapi juga bisa dari kesehatan, koneksi, ketentraman, peningkatan kualitas ibadah yang diberikan oleh allah dan lainnya yang bersifat postif dan membawa kemajuan didalam kehidupan.

3. Diberikan Pertolongan oleh Allah SWT
Allah telah memberikan jaminan pertolongan bagi hambanya yang telah menikah, karena dengan menikah insya allah akan terhindar dari berbagai dosa yang bisa merusak jiwa dan raga dan selalu diberikan perlindungan dan kemudahan untuk menjalani kehidupan.

dari abu hurarirah rodiyallahu'anhu, rasulullah sholallahu'alaihi wasallam bersabda :
" ada tiga orang yang akan mendapatkan pertololngan allah, (1) orang yang berjihad dijalan allah,(2) orang yang menikah demi menjaga kesucian dirinya, (3) budak mukatab yang ingin membebaskan dirinya, ( HR An-Nasai no 3218, Tirmidzi no. 1655, Ibnu majah no. 2518 )

4. Penyempurnaan Separuh Agama
Dengan menikah, kamu telah menyempurnakan separuh Agama Islam, karena dengan menikah kamu dapat membentengi diri dari perbuatan yang tercela yang dapat merusak agama, Ulama memberikan pandangan bahwa yang dapat merusak agama pada umumnya yang berhubungan dengan perut dan kemaluan, nah dengan menikah tentunya telah menutup pintu zina yang berhubungan dengan kemaluan.

Dari Annas bin malim rodiyallahuanhu, rasulullah bersabda :
" Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. karenanya, bertakwalah pada allah pada separuh yang lainnya " ( HR AL-Bahaqi )

5. Memberikan Keturunan Yang Shaleh Untuk Generasi Islam Yang Unggul
Hakikat menikah juga bukan sekedar membangun rumah tangga yang sakinah,mawahdah dan warahmah, tetapi juga membuat keturunan yang shaleh yang bermanfaat bagi Agama, Nusa dan Bangsa, karena dengan membuat keturunan yang sholeh akan menjadi pahala jariyah baik didunia dan di akhirat nanti, karena doa anak sholeh akan sampai kepada orang tua yang sudah meninggal 

Rasulallah SAW bersabda :
" Apabila manusia mati maka amalnya terputus kecuali karena tiga hal : Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakan orang tuanya " ( HR Ahmad 9079, Muslim 4310, Abu Daud 2882 )

6. Mendapatkan Ketenangan Dalam Berkasih Sayang
Menikah merupakan jalan halal yang ditempuh 2 insan untuk berkasih sayang, jadi kamu terhindar dari zina ketika berkasih sayang, selain itu, dengan saling berkasih sayang antara suami istri akan mendapatkan pahala ibadah dari allah swt, maka jangan ragu untuk melangsungkan pernikahan ya.

" Diantara tanda-tanda kekuasaanya ialah menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya " ( QS Ar-ruum ayat 21)

Itulah 6 Tujuan Pernikahan dalam agama islam, semoga menjadi khasanah ilmu yang bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat, salam kuynikah.