10 Hal yang Harus Dilakukan Dalam Persiapan Pernikahan

 

Pernikahan merupakan sebuah upacara pengikatan janji untuk menikah yang dilaksanakan oleh satu pasangan untuk meresmikannya ke dalam ikatan perkawinan. Pernikahan ini dilakukan menurut norma agama, norma hukum, dan norma sosial yang berlaku.

Dalam pelaksanaannya, pernikahan mempunyai beragam variasi yang sesuai dengan tradisi suku, agama, budaya, dan kelas sosial. Lalu, apa saja persiapan pernikahan yang harus dilakukan? Berikut ini penjelasannya.

10 Hal Persiapan Pernikahan

1. Persiapan Mental

Yang paling utama saat melakukan persiapan pernikahan yaitu persiapan mental. Calon pengantin pria dan wanita harus mempunyai kesiapan mental jika akan melakukan pernikahan. Pernikahan bukan suatu hubungan yang sederhana seperti saat pacaran.

Kedua calon pasangan akan menjalani hidup yang baru, menjalani beragam suka dan duka hidup berdua dengan pasangan, dan akan merasakan hal-hal lain yang belum pernah dirasakan berdua. Jadi kesiapan mental saat penting untuk dipersiapkan.

2. Persiapan Finansial

Selain mental, finansial juga wajib dipersiapkan. Saat akan menikah tentu ada biaya-biaya yang dikeluarkan dalam acara pernikahan tersebut, hal ini menjadi hal penting untuk menikah.

Melakukan acara pernikahan finansial juga sangat penting dilakukan untuk kehidupan rumah tangga. Jika akan menikah tentunya finansial calon kepala rumah harus stabil, dan harus memiliki pekerjaan tetap agar dapat menafkahi keluarga dengan aman.

3. Restu Keluarga

Pernikahan bukan hanya menikahkan antara sepasang kekasih pria dan wanita. Namun, pernikahan berarti menyatukan kedua keluarga antara keluarga pria dan keluarga wanita. Karena pernikahan akan menyatukan kedua keluarga oleh karena itu harus dilandasi dengan restu keluarga juga, khususnya restu kedua orang tua.

4. Menentukan Jadwal Pernikahan

Hal lain yang harus dipersiapkan adalah penentuan jadwal pernikahan. Jadwal pernikahan ditentukan saat kedua keluarga bersilaturahmi membicarakan masalah pernikahan. Agenda yang sangat penting dalam pernikahan salah satunya yaitu jadwalnya itu sendiri.

5. Bimbingan Pranikah

Persiapan pernikahan selanjutnya adalah mengikuti bimbingan pranikah. Bimbingan pranikah ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Dalam Undang-Undang ini berisi tentang calon pengantin wajib mengikuti bimbingan pranikah yang akan diadakan oleh Kantor Urusan Agama Kementerian Agama RI.

6. Melakukan Tes Kesehatan

Sebelum Anda dan pasangan melakukan pernikahan wajib melakukan tes kesehatan, sebagai calon pengantin tentu tes kesehatan merupakan hal yang penting dilakukan sebelum adanya pernikahan berlangsung. Hal ini bertujuan agar mendeteksi apakah ada penyakit berbahaya yang ada di dalam diri calon pengantin atau tidak.

7. Persiapan Budget Pernikahan

Budget merupakan hal yang wajib dipersiapkan di awal rencana akan mempersiapkan pernikahan. Budget ini merupakan salah satu hal yang sensitif untuk dibicarakan karena berhubungan dengan keseluruhan acara pernikahan. Konsep, katering, dan juga tempat pernikahan harus sesuai dengan keinginan jika mempunyai budget yang cukup.

8. Menentukan Konsep Pernikahan

Setelah selesai dalam masalah budget, selanjutnya adalah menuju pada konsep pernikahan. Konsep pernikahan biasanya sesuai dengan keinginan calon pengantin, namun tidak menutup kemungkinan jika pihak keluarga akan ikut campur dalam hal ini. Biasanya kedua pihak keluarga akan menyarankan memasukkan adat pernikahan di dalam konsep pernikahan anaknya.

9. Menentukan Jasa Wedding Organizer

Setelah selesai menentukan konsep pernikahan, Anda dan pasangan bisa menggunakan jasa wedding organizer untuk mewujudkan konsep pernikahan. Dengan memakai jasa wedding organizer Anda akan dimudahkan karena tidak mengurus pernikahan sendirian. Anda dan pasangan hanya tinggal memberikan konsep kepada WO dan pihak WO akan mengurus semuanya.

Jika ingin menyewa tenda pernikahan bisa melalui sewa tenda pernikahan murah semoga bermanfaat.