4 Bulan Baik untuk Menikah Menurut Islam Tahun 2022

 

Pernikahan dalam agama Islam merupakan peraturan agama, sekaligus menjadi Sunnah Nabi. Islam telah menganjurkan para umatnya untuk menikah secepat mungkin, selama mereka mampu dari segi finansial dan segi fisik. Tapi tahukah anda bulan baik untuk menikah menurut Islam?

Maka dari itu, hal paling utama yang harus direncanakan yaitu bulan yang baik untuk menikah menurut agama Islam. Maka tidak heran banyak orangtua yang sibuk mencari waktu terbaik saat anaknya akan menikah.

Daftar Bulan Baik Untuk Menikah Menurut Islam

Menurut beberapa kepercayaan, menentukan bulan yang baik memang menjadi hal yang paling krusial untuk menentukan hari baik. Tujuanya, tidak lain untuk kelancaran dan banyak hal-hal baik yang terjadi di kehidupan selanjutnya setelah menikah.

Oleh karena itu, jika Anda sedang mencari waktu baik untuk pernikahan Anda dan pasangan, informasi berikut ini akan sangat membantu Anda.

1. Bulan Muharram

Bulan baik untuk menikah 2022 menurut islam yang pertama adalah bulan Muharram. Banyak orang yang mengatakan bahwa menikah di bulan Muharram dapat mendatangkan malapetaka. Namun informasi tersebut merupakan klaim yang tidak berdasar dan tidak mempunyai landasan agama. Sebab, tidak ada larangan yang jelas untuk menikah di Bulan Muharram.

Sebaliknya, bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Bulan ini mempunyai keutamaan tersendiri karena adalah pembuka tahun baru, sehingga dapat dijadikan sebagai patokan bagi Anda dan pasangan Anda untuk memulai semangat untuk kehidupan yang baru. 

Ditambah lagi, di dalam bulan Muharram juga, Rasulullah SAW telah mempersunting Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan dan juga seorang perempuan yang berasal dari Bani Israel, yaitu Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab.

2. Bulan Safar

Selain bulan Muharram, menikah di bulan Safar juga sering dianggap akan membawa sial. Namun faktanya, di bulan ini Rasulullah telah menikahkan putrinya sendiri. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam sebuah riwayat al-Zuhri yang mengutip bulan pernikahan dari putri rasulullah (Fathimah dan Ali).

Dari adanya hadis tersebut, para ahli fiqih telah merumuskan bahwa hukumnya adalah sunnah menikah di bulan Safar.

3. Bulan Rabiul Awal

Selanjutnya bulan baik untuk menikah 2022 menurut islam yaitu bulan kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW, yaitu di bulan Rabiul Awal.

Tidak hanya mempunyai keistimewaan karena di bulan ini Rasulullah dilahirkan, melainkan juga pada bulan ini Rasulullah telah menikah dengan Khadijah Binti Khuwailid. Mereka telah menikah di tepat pada tanggal 10 Rabiul Awal, ketika Nabi Muhammad berusia 25 tahun dan istrinya yang berumur 40 tahun.

4. Bulan Syawal

Sudah disebutkan juga sebelumnya, bahwa bulan Syawal telah menjadi salah satu bulan yang sangat dianjurkan untuk melangsungkan pernikahan dalam islam. Dalam sebuah riwayat telah disebutkan bahwa Rasulullah SAW dan istrinya telah menikah bertepatan dengan bulan Syawal.

Selain itu, disunahkan juga oleh Sayyidah Aissyah jika bulan Syawal merupakan bulan yang sangat baik untuk menikah seperti Hadits diriwayatkan oleh Muslim, An-Nasai, dan lain-lain, tidak terkecuali Imam Ibnu Katsir rahimahullah di dalam kitabnya 'Al-Bidayah wan Nihayah,3/235' juga telah menjelaskan bahwasanya keyakinan buruk masyarakat tentang pernikahan di bulan Syawal itu tidak benar.