7 Tips dan Cara Sukses Jualan Online Setelah Menikah

 

Setelah Menikah Tentunya membutuhkan uang tambahan, nah kenapa tidak jualan online saja ? Melakukan jualan online tidak sulit seperti yang dibayangkan, Anda hanya butuh untuk memasarkan produk dan mempunyai kuota internet saja. Namun, pada praktiknya, berjualan online yang sukses dan dikenal oleh banyak konsumen sangat rumit.

Orang-orang tidak akan tahu jika Anda sedang berjualan online ketika Anda tidak melakukan posting produk di media sosial. Maka, postinglah produk Anda pada setiap hari minimal di status WhatsApp sehingga teman-teman dan saudara Anda dapat melihat barang dagangan yang akan dijual.

Cara Sukses Jualan Online

Menjual suatu produk memang banyak sekali tantanganya, terlebih secara online. Seperti yang kita tahu, cara sukses jualan online bukan hanya rutin post di media sosial. Namun kita juga harus mempertimbangkan waktu.

Usahakan waktu tersebut adalah waktu senggang sehingga akan lebih banyak orang yang melihat status WhatsApp tersebut. Jangan sampai Anda memposting barang yang terlalu banyak setiap harinya karena hal tersebut akan membuat malas yang melihatnya.

Berikut ini beberapa tips yang mungkin harus kamu terapkan agar bisa sukses jualan online dalam jangka panjang:

1. Berjualan di Sosial Media

Pada saat ini berjualan di sosial media adalah salah satu cara jualan online yang paling ampuh dan mampu mendatangkan banyak pelanggan. Anda dapat berjualan di Facebook, Instagram, dan juga media sosial yang lainnya. Jika Anda rajin dan tekun berjualan di sana, maka Anda akan memperoleh banyak keuntungan.

Pilih saja jika media sosial yang penggunanya kebanyakan target pasar Anda. Misalkan saja, target pasar Anda yaitu anak muda, dalam hal tersebut Anda akan lebih disarankan berjualan dan memasarkan produk di Instagram. Karena para penggunanya kebanyakan adalah kaum millennial.

2. Strategi Content Marketing

Apakah Anda sudah mendengar istilah “Content Marketing”? Content marketing adalah sebuah teknik promosi yang berjalan di bidang pembuatan konten. Bukan hanya asal sembarang konten yang akan dibuat, melainkan konten yang relevan, penting, bermanfaat, dan juga dapat menarik para pelanggan dalam jangka panjang.

Semakin baik dan bermanfaat konten yang akan dibuat, maka semakin besar juga kemungkinan usaha Anda ditemukan oleh para calon pelanggan dengan melalui Google. Maksudnya adalah semakin besar juga kemungkinan Anda bisa mendapatkan keuntungan melalui strategi ini.

3. Membuat Nama Toko dan Brand Sendiri

Meskipun jualan Anda masih sebatas reseller, namun buatlah nama toko dan brand Anda sendiri. Hal ini akan sangat penting untuk marketing dan untuk menghadirkan ciri khas dari toko online yang Anda punya.

Pastikan brand tersebut unik dan mudah untuk diingat oleh para pelanggan. Jika sebuah toko mempunyai brand dan ciri khasnya, maka semakin bertambahnya waktu toko tersebut akan berkembang dengan baik. Apalagi, jika bisnis tersebut telah mempunyai banyak pelanggan tetap.

Untuk membuat brand semakin populer, Anda dapat membuat website toko online. Website dapat menjadi sarana branding yang efektif dan dapat menjangkau banyak calon pelanggan.

Di dalam website tersebut, nantinya dapat Anda isikan beragam informasi penting mengenai seputar produk yang akan Anda jual. Jangan lupa untuk memakai Platfrom website seperti wordpress atau blogger. Dengan demikian, pengelolaan website dapat lebih optimal dan kinerjanya dapat selalu stabil.

4. Berjualan di Toko Online dan Marketplace

Setelah Anda berjualan di media sosial cukup laris, Anda juga harus mencoba keuntungan lain untuk berjualan di Marketplace dan toko online yang lain.

Platform tersebut misalnya saja Lazada, Tokopedia, Shopee, BliBli.com, Zalora, Shopee dan masih banyak platform yang lainnya. Cara berjualan di platform di toko online sangat mudah. Anda dapat belajar banyak dari internet mengenai hal ini.

5. Menyiapkan Semua Perlengkapan Jualan Online

Ketika Anda sudah memutuskan untuk berjualan online, maka otomatis Anda juga harus siap dengan semua perlengkapan packing. Anda juga harus menyiapkan kardus, lakban, plastik, bubble rap, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, bekerjasama dengan jasa pengiriman barang juga sangat penting.

Dengan melakukan kerjasama ini, jika barang yang akan Anda kirim banyak, maka kurir dapat langsung mengambil barang tersebut ke tempat Anda dan Anda juga tidak harus repot mengantarkannya ke kantor.