Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Menabung Untuk Menikah Dengan Gaji 2 Juta Dijamin Sukses !

Seperti yang kita ketahui untuk melaksanakan pernikahan tetntunya banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya adalah biaya pernikahan yang tidak sedikit, maka dari itu hal ini harus dipersiapkan dengan baik agar nanti kedepannya tidak menjadi kendala yang besar.

Untuk mensiasati biaya pernikahan yang besar apalagi jika gajimu cuma 2 juta, tentunya harus dipersiapkan dengan baik, salah satunya adalah dengan cara menabung dan menentukan target uang yang harus terkumpul. Nah kali ini kuynikah.com mencoba untuk membagikan tips 9 cara menabung untuk menikah dengan gaji 2 jt :

1. Menyisihkan Minimal 15% Gaji Perbulan
Tips yang pertama kamu bisa menyisihkan 15% dari gaji, jika dihitung Rp. 2.000.000 x 15% = Rp. 300.000 perbulan, nah kamu bisa mengajak pasangan kamu untuk menabung bersama agar kamu tidak terlalu berat, jadi jika menabung dengan pasangan, kamu akan mendapatkan Rp.600.000 Perbulan, cukup lumayan kan ?, untuk itu menabung untuk pernikahan harus dengan komitmen dan konsisten.

2. Menentukan Taget Menabung Untuk Pernikahan
Setelah menyisihkan gaji untuk menabung, kamu bisa menentukan target hari pernikahan, kamu bisa menargetkan menabung untuk pernikahan selama 1 tahun, jadi jika dikalkulasikan adalah Rp. 600.000 x 12 = Rp. 7.200.000  Jika dirasa kurang kamu bisa menentukan waktu lebih lama menjadi 3 tahun jika dihitung 7.200.000 x 3 = 21.600.000, tetapi balik lagi ketujuan awal pernikahan, kamu menginginkan pernikahan yang sederhana atau pernikahan yang cukup meriah.

3. Meminimalisir Pengeluaran Uang Yang Tidak Perlu
Pengeluaran yang tidak perlu wajib harus dihindari jika kamu mempunyai gaji yang pas-pasan ( 2 Juta ), seperti jalan-jalan dengan biaya mahal, belanja yang tidak perlu membeli makanan di tempat kerja, kamu bisa membawa bekal untuk makan siang, jadi tetap konsisten ya namanya juga lagi berhemat.

4. Menambah Penghasilan Diluar Pekerjaan Pokok
Selanjutnya kamu bisa mencari penghasian diluar pekerjaan pokok, nah banyak cara untuk menambah penghasilan seperti : Mendaftar ojek online, Usaha jasa sesuai kemampuan kamu, Membuka usaha online atau apapun yang dirasa bisa menghasilkan tetapi tidak mengganggu pekerjaan utama.

5. Jangan Menghutang dan Piutang Ke Orang-Orang
Selanjutnya kamu Jangan berhutang dan ngutangin ( Piutang ) ke orang, kamu harus cakap dengan pengeluaran dan pemasukan keuangan, karena dengan menghutang atau meminjamkan uang bisa saja merusak rencana awal kamu untuk menabung, apalagi jika gajimu hanya 2 Juta, disini kami bukan mengajarkan pelit tetapi kamu harus mengedepankan prinsip dan target yang harus dicapai yaitu mengumpulkan dana pernikahan.

6. Fokus Menaikan Penghasilan
Nah di Point yang ke 6 kamu bisa untuk fokus menaikan penghasilan, jangan berfokus untuk menaikan gaji, karena pengertian penghasilan dengan gaji sangat berbeda jauh, maka dari itu kamu bisa eksplorasi keahlian untuk bisa dijual yang nantinya bisa menjadi penambah penghasilan.

7. Meriset Biaya Pernikahan
Selanjutnya kamu bisa meriset biaya untuk pernikahan, tentunya kamu bisa menyesuaikan budget yang direncanakan selama menabung 2 juta perbulan, maka dari itu tentukanlah pernikahan seperti apa yang kamu inginkan, apakah pernikahan yang mewah atau pernikahan biasa yang sederhana, kamu bisa merincikan perkiraan pengeluaran yang dibutuhkan untuk pernikahan, seperti biaya tenda pernikahan, biaya catering atau makanan prasmanan, biaya hiburan, biaya seseharan, biaya mas kawin dan lain sebagainya.

8. Mempertimbangkan Investasi
Selanjutnya pertimbangkan dengan investasi untuk menambah penghasilan, pilihlan investasi yang bersifat jangka pendek jika pernikahan ingin segera terselenggarakan, seperti investasi deposito karena selain bisa menabung untuk pernikahan, kamu juga bisa mendepositokan uang kamu agar bisa bertambah secara pasif, selain itu kamu bisa mempelajari berbagai macam investasi yang kamu butuhkan, yang kamu mengerti dan yang kamu kuasai.

9. Mengajukan Sponsor Pernikahan
Tentunya sah-sah saja mengajukan sponsor pernikahan kepada vendor-vendor, jika memiliki value didalam pernikahan kamu, bisa kamu mengajukan proposal pernikahan untuk meminimalisir pengeluaran dalam menyelenggarakan pernikahan, maka dari itu kamu bisa menyusun konsep pernikahan yang unik untuk ditawarkan kepada vendor.

Itulah 9 cara menabung untuk menikah dengan gaji 2 juta, semoga bisa membantu dan menjadi bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini agar bukan kamu saja merasakan manfaatnya, salam kuynikah.com