Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa dan Cara Mendapatkan Jodoh yang Baik Dalam Islam

 

Jodoh dan masa depan merupakan sebuah misteri kehidupan, karena tidak ada seorang yang akan tahu masa depannya dan jodohnya nanti. Namun dalam Islam, cara mendapatkan jodoh yang baik yaitu melalui doa dan usaha yang sudah dianjurkan.

Pasalnya, jodoh memang hanya tuhan yang tahu, karena setiap orang sudah ditentukan jalan hidupnya masing-masing. Lalu, bagaimana usaha dan cara agar jodoh kita baik?

Cara Mendapatkan Jodoh yang Baik

Saat umur semakin bertambah dan tanda menikah belum ada pastinya akan membuat siapapun yang single merasa resah. Agar keresahan tersebut tidak mengganggu, berikut ini beberapa cara mendapatkan jodoh yang baik.

1. Jangan Terlalu Tinggi Menentukan Kriteria

Setiap orang pasti mempunyai kriteria tersendiri ketika mencari jodoh. Demikian juga dengan Anda. Hal tersebut bukan suatu hal yang salah. Namun, terkadang seseorang yang terlalu tinggi dalam menentukan kriteria akan kesulitan saat menemukan jodohnya.

Padahal kriteria yang paling baik adalah memandang diri sendiri terlebih dahulu. Sebab pada dasarnya jodoh merupakan cerminan dari diri sendiri. Ingat, jika tingginya kriteria yang akan ditentukan justru semakin mempersulit. Jangan pernah Anda menuntut orang agar menjadi sempurna karena bagi setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Memperbaiki Diri

Akan tetapi, cara mencari jodoh dengan langkah ini juga wajib disertai dengan senantiasa memperbaiki diri. Anda juga jangan lupa untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Memperbaiki diri bisa di lakukan dari merubah sikap buruk.

3. Jangan Berhenti Berdoa

Jika sudah lama menantikan jodoh dan sudah melakukan berbagai cara, namun jodoh belum juga nampak? Mungkin Anda masih kurang berdoa. Jangan lelah dan berhenti berdoa pada Tuhan untuk bisa segera mempertemukan Anda dengan jodoh yang baik dan tepat.

Jangan lupa juga meminta doa dari orang lain terutama doa orang tua. Minta doa orang tua Anda dengan tulus, karena tidak tahu doa siapa yang akan dikabulkan.

4. Jangan Putus Asa dan Menyerah

Anda mungkin pernah mendengar cerita jika ada yang sudah siap menikah, namun ternyata pernikahannya mendadak dibatalkan begitu saja. Hal tersebut bisa menjadi sebuah pertanda mungkin mereka tidak berjodoh.

Hal tersebut yang harus Anda yakini, bahwa yang akan menikah belum tentu akan berhasil menemukan jodohnya. Sesuatu hal dapat saja terjadi tanpa diduga. Oleh karena itu, Anda tidak boleh putus asa dan menyerah.

Doa Agar Mendapatkan Jodoh yang Baik

Saat Anda sudah bertemu dengan seseorang dan ternyata semakin jauh, mungkin orang tersebut bukanlah jodoh Anda. Anda harus bangkit dan harus mulai mencari kembali jodoh yang baik, tepat dan sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Allah.

Namun yang terpenting yaitu selalu berpikir positif jika setiap orang telah mempunyai jodohnya masing-masing. Cara mendapatkan jodoh yang baik sebenarnya sudah dijelaskan detail di dalam alQuran.

Salah satu doa yang spesifik untuk meminta jodoh yang baik bisa kalian temukan di Surat Al Qasas Ayat 24, dan Al Furqan Ayat 74 yang mana sebagai bentuk permohonan untuk mendapatkan sesuatu yang baik melalui pasangan.

Sebenarnya ada banyak ayat-ayat yang bisa anda rujuk untuk memohon kehadiran pasangan yang berakhlak baik. Namun dua ayat itu mungkin yang lebih spesifik untuk memohon kebaikan pasangan.