Ini 6 Rahasia Agar Ijab Qobul Lancar Saat Pernikahan !

 

Kamu sebentar lagi akan menikah ? gugup dan sering lupa lafadz ijab qobul ?sebelumnya ijab qobul adalah sebuah lafadz yang di ucapkan oleh orang tua mempelai wanita ( Ijab ) untuk melepaskan putri yang akan di nikahkan oleh seorang pria pilihan putrinya, sedangkan Qabul adalah kalimat yang di ucapkan oleh seorang pria atas kesepakatan pernikahan yang diberikan oleh pihak wali nikah perempuan.

Lalu bagaimana agar tidak gugup untuk mengucapkan kalimat Ijab Qobul, yang terkadang membuat hati berdebar karena disaksikan oleh banyak orang dan tentunya sakral, jadi banyak yang berharap untuk diucapkan dengan lancar, tanpa kesalahan dan tanpa jeda ( satu kali nafas ), nah kali ini kuynikah.com akan membahasnya, Berikut adalah 6 rahasia agar ijab qobul lancar saat pernikahan :

1. Fokus Pada Saat Melakukan Akad ( Ijab Qobul )
Pada saat pelaksanaan ijab qobul kamu harus fokus terhadap kalimat yang akan diucapkan, dengan fokus kamu akan melupakan keadaan di sekitar yang menyaksikan proses pernikahan, berusahalah untuk mengabaikan orang-orang disekitar yang menggangu, jangan lupa untu berdoa sebelum mengucapkan ijab qobul agar diberi kelancaran.

2. Tetap Tenang dan Rileks
Biasanya atmosfer didalam pernikahan sangat berbeda, apalagi kamu baru melakukan ini pertama kali, jadi tetap tenang dan rileks adalah kuncinya, tipsnya adalah : tarik nafas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan untuk merelaksasi tubuh agar tenang dan tidak panik, berusahalah untuk menguasai keadaan, dan tetap senang hati, karena ini adalah pernikahan kamu, bukan orang lain.

3. Teks Ucapan Ijab Qobul Jangan Dihafal
Terkadang jika kita menghafal teks ijab qobul dapat membuat kita lupa, maka dari itu Teks ijab qobul ada kalanya difahami bukan dihafal, maka dari itu banyak sekali lafadz ijab qobul yang bisa kamu fahami dari isi kalimatnya, yang terpenting kamu memahami dan hafal : Nama mempelai pengantin wanita beserta walinya ( Ayahnya ) dan mas kawinnya.

4. Pakai Catatan Teks Ijab Qobul
Jika kamu susah memahami dan menghafal kalimat ijab qobul, maka kamu boleh memakai catatan teks untuk dibaca pada saat ijab qobul, karena pada hakikatnya pernikahan tidak akan mempersulit untuk proses ini dan tentunya sah dan diperbolehkan untuk memakai catatan teks ijab qobul menurut fiqih islam.

5. Mas Kawin Tidak Harus Disebutkan Secara Detail
Unutk mas kawin tidak harus disebutkan secara detail pada saat ijab qobul, apalagi jika kamu memberikan mas kawin lebih dari 1 macam, agar lebih ringkas kamu bisa menyebut "Mas Kawin Tersebut Dibayar Tunai", karena mas kawin sudah disebutkan oleh wali nikah.

6. Usahakan Berwudhu Terlebih Dahulu
Berwudhu dapat membuat tubuh menjadi rileks karena terkena sejuknya air, dan air wudhu membeikan energi positif, sehingga membuat kamu fokus untuk melakukan ijab qobul, jangan lupa untuk senantiasa bersholawat agar diberikan kelancaran dalam pernikahan kamu.

Itulah 6 rahasia agar ijab qobul lancar pada saat pernikahan, semoga pernikahan kamu lancar ya, salam kuynikah.com