Ini Dia 7 Tips Persiapan Menikah Muda dan Keuntungannya Untuk Calon Pengantin !

 

Nikah muda Sering dianggap hal yang tabu oleh masyarakat, karena banyak yang menanggap kalau menikah harus mapan dulu agar kehidupan kedepannya berjalan lebih baik, pendapat ini tidak salah, Tetapi harus dipertimbangkan juga diera sekarang, karena menjadi lain cerita, dengan kemajuan teknologi informasi dengan meningkatnya pemakaian internet dan media sosial oleh kaula muda, membuat berfikir menikah muda menjadi hal yang sah-sah saja dilakukan, karena ada juga beberapa keuntungan menikah muda.

Diantara keuntungan nikah muda yang banyak diakui oleh kaula muda adalah : kesuksesan hidup yang lebih singkat diraih, dapat mencapai kekayaan di umur yang relatif muda, serta ketika memiliki anak, usia orang tua masih muda dan energik, maka dari itu sebagian kaula muda bahwa menikah muda tidak selalu berhubungan dengan hal yang negatif.

Tetapi banyak juga yang gagal setelah menikah muda, karena belum siapnya menghadapi berbagai tantangan yang akan dihadapi didalam membangun rumah tangga, maka dari itu yuk simak 7 tips persiapan menikah muda :

1. Siapkan mental

Tingkat Emosi anak muda umumnya gampang naik turun ( Tidak Stabil ) setelah menikah, Sebaiknya sebelum menikah muda, disarankan untuk melakukan konseling kepada ahlinya. Sebab mempersiapkan mental secara lahir dan batin merupakan kunci utama untuk menjalankan rumah tangga, selain itu, mengatur ego dan sifat juga sangat penting untuk kehidupan rumah tangga, karena nanti banyak perbedaan pendapat dari pasangan kalian yang harus dihadapi.

2. Mempunyai penghasilan Yang Stabil

Untuk mempersiapkan menikah muda tentunya persiapan keuangan juga sangat penting jika ingin menyelenggarakan pesta didalam pernikahan kalian, nah jika kamu sudah berpenghasilan maka beban untuk biaya pernikahan akan terasa ringan, selain itu ketika berumah tangga nanti penghasilan stabil juga bisa meringankan kebutuhan, nilai penghasilan tidak wajib besar hingga puluhan juta, yang terpenting kebutuhan setiap hari bisa terpenuhi.

3. Cek Kesehatan Secara Keseluruhan ( Medical Check Up )

Inilah yang harus dicoba saat sebelum menikah di usia muda, Mengecek keadaan kesehatan pasangan kita secara lengkap sangatlah berarti seperti mengecek kesehatan reproduksi, Kesehata THT (  Telinga, Hidung dan Tenggorokan ) dan kesehatan lainnya yang dianjurkan oleh dokter, maka dari itu untuk selalu sehat hingga pernikahan kalian tiba ya.

4. Pembentukan Karakter Dalam Menikah Muda

Jika ingin menikah muda, pasangan harus dikenalkan dengan sifat tanggung jawab , sifat kepemimpinan, serta sebagainya dan karakter yang harus dibentuk adalah akhlak, kepercayaan serta akidah yang harus ditanamkan didalam hati pasangan muda ini, agar nantinya mereka bisa memecahkan setiap tantangan yang akan dihadapi didalam kehidupan berumah tangga.

5. Memperbaiki Diri Ke Arah Yang Lebih Baik

Tentunya setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, maka dari itu mengevaluasi dan memperbaiki diri merupakan hal yang wajib dilakukan ketika sudah menikah muda, tipsnya biasakan untuk meninggalkan hal yang negatif di diri kita, baik itu secara perlahan maupun secara cepat, yang intinya harus dilakukan secara konsisten ( Istiqomah ) untuk memperbaiki diri.

6. Tentukan Pendamping yang Tepat

Menikah di umur muda boleh-boleh saja. Tetapi, untuk memastikan pendamping tidak boleh sembarangan dalam waktu yang singkat. Kamu wajib menjatuhkan opsi secara cermat serta penuh dengan pertimbangan. Jangan sampai didalam pernikahan kalian berakhir karena salah memilih pasangan.

7. Mantapkan Opsi dengan Shalat Istikharah

Memohon petunjuk kepada Allah SWT sangat disarankan sebelum melaksanakan pernikahan muda. untuk menguatkan keyakinan diri, lakukanlah shalat istikharah. Mintalah kepada Allah supaya diberikan calon pendamping yang baik. Panjatkanlah doa supaya Allah menguatkan hati mu dalam memastikan pilihan kamu adalah tepat.

Itulah 7 Tips menikah mudan dan keuntungannya semoga bisa menjadi manfaat dan juga jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat, salam kuynikah.com