Ketahui Perbedaan Nikah dan Kawin Berikut Ini !

 

Saat ini sering kali, orang menganggap nikah dan kawin merupakan dua istilah yang mempunyai makna yang sama. Padahal, kedua istilah tersebut tidak sama dan sangat berbeda jika dipahami lebih dalam. Lantas, apakah perbedaan nikah dan kawin?

Seperti yang Anda tahu, banyak orang di Indonesia yang memandang jika pernikahan dan perkawinan merupakan dua hal yang sama. Perbedaan yang sangat mencolok antara nikah dan kawin adalah terletak pada konotasinya.

Apa Itu Arti Nikah?

Nikah adalah suatu ungkapan yang di tujukan untuk menggambarkan sebuah upacara pernikahan resmi ketika pasangan pengantin mengucapkan ikrar janji suci. Secara bahasa, nikah merupakan akad perkawinan yang telah di lakukan sesuai dengan aturan hukum dan juga ajaran agama.

Nikah juga berhubungan dengan hal resmi seperti surat yang telah di terbitkan oleh pihak yang berwenang. Nikah ini berasal dari bahasa Arab "an nukh” yang memiliki kata kerja “nakaha”. Nah, arti dari Bahasa Arab tersebut yaitu “berhimpun, berkumpul, atau menyetubuhi.

Apa Itu Arti Kawin?    

Kata kawin ini berasal dari bahasa Jawa, yaitu “awin” artinya adalah memboyong atau membawa”. Seiring dengan berjalannya waktu, kata awin ini memperoleh imbuhan depan dengan kata ka, sehingga saat ini sering diucapkan menjadi “kawin”.

Menurut KBBI, kawin adalah kata kerja dari memboyong atau hubungan dari dua orang untuk membentuk sebuah keluarga. Sedangkan pernikahan adalah hubungan yang sah di mata agama dan di mata Negara.

Perkawinan adalah suatu hal yang sifatnya kodrati. Yang berarti, semua manusia, baik laki-laki ataupun perempuan mempunyai hasrat untuk bisa melakukannya dan hal tersebut di anggap normal. Kawin merupakan suatu proses membentuk keluarga bersama dengan lawan jenis. Dan kata kawin juga termasuk salah satu kata kerja dalam melakukan hubungan persetubuhan.

Sementara itu, kata kawin termasuk sunnah Rasulullah SAW. Bagi umat manusia, kawin ini termasuk kebutuhan batiniyah dan untuk bisa melanjutkan keturunan. Oleh sebab itu, bagi pengikut Rasulullah, sangat dianjurkan untuk melaksanakan perkawinan yang sesuai dengan sunnah.

Perbedaan Nikah dan Kawin

Apakah Anda masih bingung tentang perbedaan nikah dan kawin? Nah, pernikahan biasanya digunakan untuk manusia yaitu merupakan sebuah upacara pengikatan janji nikah yang telah dilakukan oleh dua orang mempelai dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan menurut hukum agama, adat dan negara.

Perkawinan lebih tepatnya merupakan sebuah ikatan sosial ataupun ikatan perjanjian hukum antar kedua pribadi yang telah membentuk hubungan kekerabatan yang meresmikan hubungan intim atau seksual. Biasanya, perkawinan ini dimulai dan diresmikan dengan adanya upacara pernikahan, kemudian perkawinan dijalani dengan maksud untuk membentuk keluarga.

Untuk mempermudah Anda dalam perbedaan nikah dan kawin, begini gampangnya. Nikah ini berarti ikatan suami-istri yang sah secara agama, adat dan negara, sedangkan kata kawin berarti hubungan intim

Pada saat ini, status pernikahan yang tertulis adalah hal yang sangat penting. Alasannya adalah baik bagi Anda pria ataupun wanita tidak dapat melakukan hal penting tanpa adanya persetujuan pasangan. Seperti halnya melakukan perjanjian jual-beli aset, pengajuan kredit untuk membeli rumah, mobil dan kebutuhan yang lainnya.

Ketika Anda tidak mempunyai status yang jelas tapi Anda ingin melakukan hal-hal penting itu, Anda harus lebih dulu membuat surat pernyataan di atas materai yang menyatakan bahwa Anda belum menikah pada saat kejadian penting tersebut berlangsung.

Bagaimana, apakah sejauh ini Anda sudah paham tentang perbedaan nikah dan kawin? Dari ulasan diatas sudah sangat jelas bahwa kawin dan nikah mempunyai arti yang sangat berbeda.