Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Salah ! ini Perbedaan Tunangan dan Lamaran Yang Wajib Diketahui

 

Tahukah anda jika tunangan dan lamaran memiliki arti yang berbeda, tetapi didalam prosesinya memiliki kemiripan, yang dimana dapat diartikan secara umum tunangan dan lamaran adalah proses pengungkapan seorang pria yang mengungkapkan keinginan menikah dengan seorang wanita yang dicintainya.

Maka dari itu, tentunya kamu wajib mengetahui perbedaan apa itu Tunangan dan Lamaran, Berikut penjelasannya .

Tunangan merupakan suatu komitmen antara 2 pihak yang dilakukan saat sebelum melaksanakan pernikahan. Dalam hal ini, calon suami memberitahukan keinginan menikah terhadap calon istri. 
walau terdengar serupa dengan prosesi lamaran, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan dalam prosesnya.

Lalu, apa itu tunangan? kuynikah akan membahas dari pengertian, urutan kegiatan, sampai perbedaan tunangan dan lamaran yang wajib diketahui !

Apa itu tunangan?

Tunangan ialah salah satu rangkaian maupun tahapan sebelum melakukan pernikahan. Tidak wajib di hadiri semua orang, tunangan pun dapat dilakukan hanya dengan pasangan ataupun disaksikan oleh keluarga serta saudara dekat, Bisa dibilang kalau tunangan merupakan cara pergantian status dari yang dahulu berpacaran menjadi lebih sungguh-sungguh dalam menjalin hubungan ( pernikahan ). Umumnya, dalam proses ini pihak pria akan memasang cincin ke pihak wanita.

Sebenarnya tunangan tidak wajib dijalani oleh pasangan. Kamu pun bisa langsung ke langkah lamaran saat sebelum Ke jenjang pernikahan. Jadi, dapat dikatakan ini ialah pilihan optional serta bisa dibicarakan sesuai keinginan dan kemauan pasangan

Perbedaan lamaran dan tunangan

Disaat pasangan memutuskan maju ke jenjang yang lebih serius, tunangan dan lamaran merupakan istilah yang hampir mirip. Sebagian besar menyangka kalau kedua sebutan itu serupa, sebenarnya terdapat perbedaan dari kedua istilah ini.

1. Dari definisinya

Perbedaan tunangan serta lamaran dapat ditinjau dari definisinya. Tunangan ialah proses perjanjian menjadi suami istri, akad bersama untuk menikah, tidak wajib dihadiri keluarga besar, hanya untuk membangun komitmen antara 2 calon pengantin.

Sedangkan lamaran adalah proses pertemuan ke 2 keluarga besar untuk saling mengenal lebih dekat dan membicarakan poin-poin penting seperti : Mahar, Tanggal pernikahan dan konsep pernikahan.

2. Dari Proses Acara Tunangan dan Lamaran

Proses acara tunangan bersifat informal, yang dimana bisa hanya dihadiri oleh 2 orang yaitu calon suami istri, dan hanya menukar cincin atau komitmen untuk serius ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan.

Sedangkan lamaran adalah proses pertemuan ke 2 keluargabesar baik dari pihak laki-laki maupun perempuan yang akan melangsungkan pernikahan, biasanya proses ini terdapat sambutan, ramah tamah dari ke 2 pihak, seserahan, pembicaraan biaya mahar, biaya pernikahan dan konsep pernikahan dan makan-makan.

3. Durasi Lamaran dan Tunangan

Untuk durasi tunangan bisa dilakukan jauh-jauh hari misal 2-3 tahun sebelum pelaksanaan pernikahan, sedangan untuk lamaran biasa dilakukan dalam waktu dekat sebelum melakukan pernikahan misal 2-3 bulan sebelum acara pernikahan, jadi harus dipahami bahwa setiap adat dalam lamaran itu berbeda-beda di setiap daerah Indonesia, jadikamu harus pahami yak.

Itulah perbedaan tunangan dan pernikahan, semoga bisa menjadi acuan dan jangan sampai salah lagi yak dalam membedakan tunangan dan lamaran.