Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Keuntungan Menikah di KUA Tanpa Resepsi dan Keluar Uang Banyak


Foto oleh Ali Salah: https://www.pexels.com

Menikah di KUA adalah salah satu cara yang populer untuk menikah di Indonesia. Pernikahan di KUA gratis dan tidak memerlukan biaya apa pun, dengan syarat dilaksanakan pada hari kerja dan jam operasional KUA, yakni Senin sampai Jumat pukul 08.00–16.00. Namun, jika akad nikah dilakukan di luar kantor KUA, biaya nikah yang ditetapkan negara yaitu sebesar Rp 600.000. Berikut adalah beberapa tips untuk menikah di KUA.

1. Siapkan dokumen dan persyaratan. Sebelum melakukan pendaftaran di KUA, pastikan Anda sudah mempersiapkan semua dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Pastikan dokumen dan persyaratan ini valid dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Lakukan pendaftaran. [1]Setelah dokumen dan persyaratan siap, Anda harus mendaftarkan diri di KUA tempat akan dilaksanakan akad nikah.

3. Minta restu keluarga. Sebelum menikah di KUA, pastikan Anda sudah meminta restu dari keluarga.

4. Dapatkan surat rekomendasi dari KUA kecamatan. Jika Anda ingin menikah di luar wilayah kecamatan tempat tinggal Anda, maka Anda harus mendapatkan surat rekomendasi nikah dari KUA kecamatan setempat.

5. Dapatkan surat persetujuan dari kedua calon pengantin. Pastikan Anda juga mendapatkan surat persetujuan dari kedua calon pengantin.

6. Dapatkan surat izin tertulis orang tua atau wali. Jika calon pengantin belum mencapai usia 21 tahun, maka Anda harus mendapatkan surat izin tertulis orang tua atau wali.

7. Minta dispensasi jika pernikahan dilakukan kurang dari 10 hari dari waktu pendaftaran. Jika pernikahan dilakukan kurang dari 10 hari dari waktu pendaftaran, maka calon pengantin harus minta keterangan dispensasi dari kecamatan.

Pasangan yang memilih untuk menikah di KUA menikmati banyak keuntungan, mulai dari biaya yang tidak dikenakan hingga kesempatan untuk menikah dengan lebih intim.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menikah di KUA.

1. Biaya yang tidak dikenakan

Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 48 Tahun 2014 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Departemen Agama, akad pernikahan di KUA tidak dikenakan biaya atau gratis. Ini berarti Anda dapat menikah tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

2. kesempatan untuk menikah dengan lebih intim.

Menikah di KUA memberi Anda kesempatan untuk menikah dengan lebih intim. Anda hanya perlu disaksikan oleh saksi dan orangtua saja. Hal ini membuat pernikahan Anda lebih sederhana dan lebih menyenangkan.

3. proses yang lebih mudah dan cepat.

Menikah di KUA juga lebih mudah dan cepat, Anda tidak perlu mempersiapkan banyak hal sebelum menikah, seperti menyewa tempat, menyiapkan makanan, dan lain-lain. Ini berarti Anda dapat menikah dengan lebih cepat dan lebih mudah.

4. kesempatan untuk menikah di tempat yang bersejarah

KUA adalah tempat yang bersejarah dan memiliki banyak arti bagi masyarakat Indonesia. Dengan menikah di KUA, Anda dapat merasakan keistimewaan menikah di tempat yang bersejarah.

Meskipun ada banyak keuntungan menikah di KUA, ada juga beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan adalah bahwa Anda tidak dapat mengadakan resepsi pernikahan. Anda juga tidak dapat mengundang banyak orang untuk menghadiri pernikahan Anda.

Namun, meskipun ada beberapa kekurangan, keuntungan menikah di KUA masih lebih besar. Anda dapat menikah dengan biaya yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih intim. Jadi, jika Anda ingin menikah dengan biaya yang lebih murah dan lebih sederhana, menikah di KUA adalah pilihan yang tepat.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda dapat menikah di KUA dengan mudah aman dan nyaman, karena pada dasarnya menikah tak perlu mewah dan melaksanakan resepsi, denganmenikah di KUA pun sudah cukup yang penting pernikahan anda sah secara agama dan sah secara negara

Sources kutipan:

1.https://www.kompas.com/tren/read/2023/02/03/091500865/sedang-jadi-tren-ini-syarat-dan-cara-terbaru-nikah-di-kua