Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Susunan Acara Pernikahan Secara Umum Dilakukan

 

Foto oleh sergio souza: https://www.pexels.com

Pernikahan merupakan momen penting bagi pasangan yang akan memulai kehidupan bersama. Momen tersebut biasanya dirayakan dengan sebuah upacara pernikahan yang dihadiri oleh keluarga, sahabat, dan kerabat dekat. Susunan acara pernikahan dapat berbeda-beda di setiap daerah dan budaya, namun secara umum, terdapat beberapa acara yang umumnya dilakukan dalam sebuah pernikahan. Berikut adalah beberapa susunan acara pernikahan yang umumnya dilakukan:

1. Midodareni

Midodareni adalah acara yang dilakukan pada malam sebelum pernikahan. Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara kedua keluarga. Midodareni biasanya diadakan di rumah pengantin wanita dan dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat. Pada acara ini, biasanya dilakukan acara hiburan seperti tari dan lagu-lagu daerah, atau bisa makan bersama.

2. Siraman Pengantin

Siraman adalah prosesi mandi bersama yang dilakukan oleh calon pengantin wanita sehari sebelum pernikahan biasanya siraman merupakan prosesi adat. Tujuannya adalah untuk membersihkan diri dan mempersiapkan diri secara fisik dan mental dalam menghadapi pernikahan. Biasanya siraman diadakan di rumah pengantin wanita dan dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat.

3. Akad Nikah

Akad nikah merupakan prosesi ijab qabul yang dilakukan oleh calon pengantin. Acara ini biasanya diadakan di masjid atau rumah pengantin wanita. Dalam prosesi ini, calon pengantin wanita akan duduk di hadapan penghulu sambil menunggu calon pengantin pria datang. Setelah itu, penghulu akan membacakan ijab qabul dan mengucapkan akad nikah.

4. Resepsi Pernikahan

Acara resepsi pernikahan biasanya diadakan setelah prosesi pemberkatan pernikahan. Acara ini dihadiri oleh keluarga, sahabat, dan kerabat dekat dari kedua belah pihak. Pada acara resepsi, biasanya diadakan acara makan bersama, tari-tarian, dan lagu-lagu. Selain itu, pada acara ini juga dilakukan acara memotong kue dan lempar bunga.

5. Tasyakuran

Tasyakuran adalah acara syukuran yang diadakan setelah pernikahan. Biasanya diadakan di rumah pengantin atau di tempat lain yang telah disepakati. Acara ini dihadiri oleh keluarga, kerabat dekat, dan teman-teman pasangan pengantin. Pada acara tasyakuran, biasanya diadakan makan bersama dan dilakukan doa bersama untuk mengucapkan rasa syukur atas pernikahan.

Pada dasarnya beberapa acara yang dilakukan dalam pelaksanaan pernikahan baik sebelum maupun sesudah acara akad, yang terpenting bagaimana kesuksesan acara tersebut terselenggara, sebelumnya anda bisa menyesuaikan dengan adat istiadat yang berlaku, semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.