Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musim Hujan Tiba ! Berikut 10 Tips Melaksanakan Pesta Pernikahan di Musim Hujan

 

pexel.com

Musim hujan mungkin tidak menjadi pilihan tepat bagi banyak pasangan untuk menyelenggarakan pernikahan di luar ruangan. Namun, dengan persiapan yang tepat dan sedikit kreativitas, Anda tetap bisa mengadakan pesta pernikahan yang indah dan berkesan meskipun cuaca sedang tidak bersahabat. Berikut adalah 10 tips untuk melaksanakan pesta pernikahan di musim hujan:

1. Pilih lokasi yang sesuai

Pertimbangkan untuk memilih lokasi dalam ruangan yang dapat menampung jumlah tamu yang diinginkan. Hotel, ballroom, gedung komunitas, atau aula bisa menjadi pilihan yang baik untuk melindungi tamu dari cuaca buruk.

2. Tentukan jadwal yang tepat

 Periksa prakiraan cuaca dengan cermat dan pilihlah tanggal yang cenderung lebih kering. Hindari musim hujan yang paling parah jika memungkinkan. Pilih waktu di siang hari yang memberikan cahaya alami yang cukup sehingga Anda masih bisa mendapatkan foto-foto pernikahan yang indah.

3. Sediakan payung dan tenda

 Jika Anda ingin melakukan pernikahan di luar ruangan, pastikan untuk menyediakan payung atau tenda yang cukup untuk melindungi tamu dari hujan. Atur mereka di sekitar area tempat acara dan area makan agar tamu tetap kering dan nyaman.

4. Dekorasi dalam ruangan yang menarik

Jika Anda harus memindahkan pesta pernikahan ke dalam ruangan, pastikan dekorasi tetap menarik dan sesuai dengan tema pernikahan Anda. Pilih bunga segar yang cerah, lilin, dan aksen dekorasi lainnya untuk menciptakan suasana romantis.

5. Pilih gaun yang sesuai

Jika Anda mengadakan pernikahan di musim hujan, pilih gaun yang lebih praktis dengan bahan yang dapat mengatasi cuaca basah. Pertimbangkan untuk mengenakan sepatu yang nyaman dan tahan air agar tetap nyaman saat berjalan di tanah yang basah.

6. Pencahayaan yang baik

Dalam situasi cuaca buruk, pencahayaan yang baik sangat penting. Pastikan ruangan dihiasi dengan pencahayaan yang tepat untuk menciptakan suasana yang hangat dan intim. Gunakan lilin, lampu gantung, atau lampu sorot yang memberikan cahaya yang lembut dan romantis.

7. Rencanakan backup untuk transportasi

Pastikan Anda memiliki rencana backup untuk transportasi tamu jika hujan deras. Pertimbangkan untuk menyediakan shuttle bus atau angkutan lainnya untuk memastikan tamu tiba dan pulang dengan aman.

8.Perhatikan makanan dan minuman

elama musim hujan, pilih makanan dan minuman yang hangat dan menghangatkan. Sediakan hidangan pembuka yang cocok untuk cuaca dingin dan hidangan utama yang menghangatkan perut. Juga, pastikan ada cukup minuman hangat seperti teh, kopi, atau cokelat panas.

9. Hiburan dalam ruangan

Jika Anda merencanakan hiburan langsung seperti band atau penari, pastikan mereka dapat tampil di dalam ruangan dengan nyaman. Atur panggung atau area khusus yang sesuai agar mereka dapat menghibur tamu tanpa terpengaruh oleh cuaca buruk.

10. Berikan souvenir yang sesuai

Berikan souvenir yang bermanfaat untuk tamu, seperti payung kecil atau selimut hangat yang dapat mereka gunakan selama acara pernikahan dan membawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Dengan persiapan yang matang dan kreativitas, Anda dapat mengadakan pesta pernikahan yang indah dan berkesan di musim hujan. Yang terpenting, tetaplah berpikiran positif dan ingatlah bahwa pada akhirnya, yang terpenting adalah ikatan cinta dan komitmen Anda dengan pasangan, bukan cuaca di luar sana.