Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting ! 6 Jenis Medical Check Up Pranikah Untuk Calon Pengantin

 


Medical Check Up (MCU) pranikah atau skrining pranikah merupakan rangkaian tes kesehatan yang dilakukan oleh pasangan yang akan menikah untuk mengevaluasi kondisi kesehatan calon pengantin

Meskipun belum lumrah dilakukan di Indonesia, MCU pranikah memiliki tujuan penting untuk memeriksa status kesehatan kedua pasangan, yang akan menjadi dasar penting dalam kehidupan mereka setelah menikah.

Melalui MCU pranikah, pria dan wanita akan menjalani serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui adanya risiko atau riwayat penyakit menular yang bisa ditularkan atau diwariskan kepada keturunan mereka. Selain itu, pemeriksaan ini juga bertujuan untuk mendeteksi potensi kondisi kesehatan yang mungkin dialami oleh keturunan di masa mendatang, dengan harapan dapat dicegah atau ditangani secara tepat.

Pentingnya MCU pranikah sangatlah besar. Kesadaran akan pentingnya MCU pranikah masih rendah di kalangan pasangan, padahal kondisi kesehatan kedua orang tua sangat berpengaruh terhadap kehamilan dan masa depan anak-anak mereka. Oleh karena itu, MCU pranikah memainkan peran yang krusial dalam memberikan dasar yang kuat untuk perencanaan keluarga yang sehat.

Selain itu, MCU pranikah juga memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

  1. Mendeteksi penyakit menular seperti TORCH, hepatitis B, hepatitis C, dan HIV/AIDS, yang dapat berdampak besar pada kehamilan dan kesehatan reproduksi
  2. Mendeteksi kelainan genetik yang dapat diwariskan kepada keturunan, seperti anemia sel sabit, thalasemia, dan hemofilia.
  3. Dengan melakukan MCU pranikah, risiko penyakit yang dapat diturunkan kepada anak dapat diminimalkan. Sebagai contoh, bayi yang lahir dari orang tua dengan kelainan hemoglobin memiliki risiko tinggi untuk menderita thalasemia, yang dapat menyebabkan masalah serius seperti gangguan hati dan jantung.

Idealnya, MCU pranikah sebaiknya dilakukan sekitar enam bulan sebelum pernikahan. Dengan demikian, jika ditemukan masalah kesehatan, dapat ditangani dengan cepat sehingga risiko bagi pasangan atau calon anak dapat diminimalkan.

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang umum dilakukan dalam Medical Check Up pranikah, antara lain:

  1. Pemeriksaan penyakit menular seksual seperti sifilis, hepatitis B, dan HIV/AIDS.
  2. Pemeriksaan gula darah untuk mendeteksi risiko diabetes gestasional selama kehamilan.
  3. USG ginekologi untuk mendeteksi kelainan pada organ reproduksi wanita.
  4. Pemeriksaan TORCH untuk mendeteksi infeksi yang berpotensi merugikan janin.
  5. Pemeriksaan urin untuk menilai kesehatan ginjal dan sistem tubuh secara keseluruhan.
  6. Pemeriksaan darah lengkap (Complete Blood Count) untuk mendeteksi anemia, infeksi, dan masalah lainnya.

Kondisi kesehatan kedua calon mempelai memengaruhi proses kehamilan dan kesehatan keturunan mereka di masa depan. Oleh karena itu, melakukan MCU pranikah adalah langkah penting untuk membantu memastikan bahwa perencanaan kesehatan keluarga di masa yang akan datang