8 Nasihat Pernikahan dalam Islam Yang Wajib Kamu Ketahui


Pernikahan merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan seorang Muslim. Dalam Islam, pernikahan bukan hanya sekadar ikatan antara dua individu, tetapi juga merupakan bentuk ibadah yang dianjurkan untuk menyempurnakan separuh agama. Berikut adalah beberapa nasihat penting dalam pernikahan menurut ajaran Islam:

1. Niat yang Ikhlas

Pernikahan dalam Islam harus dimulai dengan niat yang ikhlas, yaitu mencari ridha Allah. Pernikahan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan biologis atau sosial, tetapi juga sebagai jalan untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.

2. Memilih Pasangan yang Baik

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memilih “Perempuan itu dinikahi karena empat hal yaitu (1) karena hartanya, (2) keturunannya, (3) kecantikannya dan (4) agamanya. Maka pilihlah yang baik agamanya, niscaya kamu akan beruntung.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, an-Nasai, dan Ibnu Majah).

Pasangan yang baik agamanya akan membawa kebaikan dalam rumah tangga dan membimbing menuju jalan yang diridhai Allah.

3. Menjaga Komunikasi

Komunikasi yang baik adalah kunci dalam pernikahan. Suami istri harus saling terbuka, jujur, dan saling mendengarkan. Rasulullah SAW sendiri adalah contoh terbaik dalam hal ini, beliau selalu berkomunikasi dengan baik dengan istri-istrinya.

4. Saling Menghormati dan Menghargai

Dalam rumah tangga, suami istri harus saling menghormati dan menghargai. Kedua belah pihak harus saling memahami peran dan tanggung jawab masing-masing. Suami sebagai pemimpin keluarga harus bijaksana dan adil, sementara istri harus patuh dan mendukung suami dalam kebaikan.

5. Sabar dan Ikhlas

Kehidupan rumah tangga tidak selalu berjalan mulus. Pasti akan ada cobaan dan ujian. Oleh karena itu, penting bagi suami istri untuk selalu sabar dan ikhlas dalam menghadapi segala situasi. Mengingat tujuan utama pernikahan adalah untuk mendapatkan ridha Allah, maka segala ujian harus dihadapi dengan lapang dada.

6. Menjaga Keharmonisan

Rasulullah SAW mengajarkan untuk selalu menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Salah satunya dengan bersikap lemah lembut, penuh kasih sayang, dan tidak segan untuk saling memaafkan. Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik bagi keluarganya. Dan aku orang yang paling baik bagi keluargaku”

[HR. At Tirmidzi no: 3895 dan Ibnu Majah no: 1977 dari sahabat Ibnu ‘Abbas. Dan dishahihkan oleh Al Albani dalam Ash Shahihah no: 285].

7. Menjalankan Kewajiban Agama Bersama

Suami istri harus saling mengingatkan dalam kebaikan dan menjalankan kewajiban agama bersama-sama. Shalat berjamaah, membaca Al-Quran, dan berdoa bersama dapat memperkuat ikatan spiritual dalam rumah tangga.

8. Memperhatikan Pendidikan Anak

Pernikahan juga bertujuan untuk melahirkan generasi yang saleh dan salehah. Oleh karena itu, suami istri harus bekerja sama dalam mendidik anak-anak dengan nilai-nilai Islam, memberikan contoh yang baik, serta memberikan perhatian dan kasih sayang yang cukup.

Pernikahan dalam Islam adalah ikatan yang sangat sakral dan penuh makna. Dengan mengikuti nasihat-nasihat di atas, diharapkan rumah tangga dapat menjadi tempat yang penuh berkah dan kebahagiaan. Ingatlah selalu bahwa pernikahan adalah bentuk ibadah yang harus dijaga dan dihormati. Semoga setiap pasangan yang menikah selalu diberkahi dan dilimpahi rahmat oleh Allah SW