Biaya Pernikahan Sederhana Budget 50 Juta Tahun 2023

 

Sebenarnya tidak ada aturan mengenai berapa biaya pernikahan yang ideal. Pastinya, jika ingin pesta pernikahan yang megah dan meriah, ditambah jika ingin menggunakan adat istiadat tertentu, diperlukan biaya tambahan yang sedikit mahal.

Apalagi jika Anda ingin menikah di gedung yang lengkap dengan memakai jasa wedding organizer, biaya pernikahan dapat mencapai lebih dari Rp100 juta. Jika Anda sedang mempersiapkan biaya pernikahan sederhana, berikut ini adalah rinciannya.

Biaya Pernikahan Sederhana Budget Rp50 Juta

Pernikahan yang sakral dan bermakna tidak harus menghabiskan uang ratusan juta rupiah kok. Sah-sah saja jika Anda memiliki cukup uang untuk membuat pesta pernikahan yang mewah, megah dan meriah dengan budget tinggi. 

Tapi, jika budget yang Anda miliki saat ini hanya Rp50 juta, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan agar pesta pernikahan impian Anda tetap terlaksana. Berikut ini adalah ide biaya pernikahan sederhana yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Mahar dan Maskawin

Mahar dan maskawin telah menjadi hal yang lazim diberikan sebagai hadiah untuk mempelai wanita dan keluarganya. Tidak ada peraturan yang mengatur jenis dan jumlah mahar, namun sebaiknya mahar adalah benda atau jasa yang bernilai ekonomi. Pilihannya bisa dimulai dari saham, emas, uang tunai, perak, dan lain sebagainya. Besar kecilnya mahar dan maskawin, tergantung kesepakatan kedua calon pengantin.

Sebagai acuan, jika Anda akan memberikan satu set perhiasan emas dengan berat 10 gram sebagai mahar, maka artinya uang yang akan Anda persiapkan adalah antara Rp6 juta-Rp7 juta (berdasarkan dengan harga per gram emas 70 persen di tahun 2022).

2. Hantaran Pernikahan

Pada umumnya hantaran ini berupa perlengkapan bagi mempelai wanita (baju, make up, tas, sepatu, peralatan sholat, dan lain sebagainya). Biasanya, ditambah juga dengan kue dan juga buah-buahan. Banyak atau sedikit kelengkapan hantaran tentu tergantung pada kesepakatan kedua mempelai. Namun, biasanya untuk biaya pernikahan sederhana keperluan ini hanya berkisar antara Rp2-Rp5 juta, dan berikut adalah jenis-jenis hantaran  pernikahan

3. Cincin Nikah

Pada umumnya berat satu cincin kawin yaitu 3-5 gram. Untuk bahannya dapat dari emas putih ataupun emas kuning. Jadi, jika Anda telah sepakat memilih cincin 4 gram, maka dana yang harus Anda siapkan adalah kurang lebih Rp 5-Rp6 juta (berdasarkan dengan harga emas perhiasan di tahun 2022).

4. Undangan dan Souvenir

Secantik dan sebagus apa pun undangan pernikahan, sama saja akan berakhir di tempat sampah. Biar tidak sayang dan makin berhemat, Anda bisa membuat undangan berbasis digital dengan melalui layanan situs perencana seperti wedivite, evite ,dan lain sebagainya. Dengan demikian, biaya undangan Anda jadi nol rupiah. Untuk biaya souvenir siapkan anggaran sekitar Rp2 juta untuk kebutuhan.

5. Katering

Biaya katering pernikahan yang sederhana menjadi komponen yang paling besar. Budget katering sangat bergantung dengan jumlah tamu yang akan diundang. Agar tetap on budget maksimalkan saja 30 persen atau Rp15 juta khusus untuk katering. 

6. Tata Rias dan Busana

Busana pengantin akan Anda pakai sekali seumur hidup, jadi Anda harus pertimbangkan untuk irit biaya dengan menyewa saja. Pilih sanggar dan tempat penyewaan baju pengantin yang harganya terjangkau. Rincian biaya untuk baju pengantin yaitu maksimal Rp5 juta yang meliputi 2 baju untuk masing-masing mempelai, 4 seragam untuk orangtua, rias pengantin, rias orangtua dan rias keluarga, dan seragam saudara.

7. Dekorasi dan Tempat

Alokasikan kira-kira 30 persen untuk venue, dekorasi pernikahan dengan biaya sekitar Rp15 juta. Anda dapat membandingkan biaya pernikahan di hotel ataupun di gedung yang lokasi tempatnya berada di sekitar rumah Anda. Jika Anda tidak mau mengeluarkan biaya sama sekali, Anda dapat menggelar pernikahan sederhana di rumah Anda.

Biasanya menyewa tempat seperti ini tentu akan jauh lebih murah dibandingkan harus sewa gedung perkantoran, apalagi menyewa hotel. Tempat publik seperti lapangan RT biasanya bisa disewa dengan tarif Rp2-Rp5 juta. 

8. Dokumentasi

Batasi biaya fotografer pernikahan Anda dengan maksimal Rp3 juta. Jika rajin mencari di Instagram atau sosial media lain Anda bisa menemukan banyak jasa dengan tarif yang lebih terjangkau.

10. Hiburan

Isi hiburan Anda dengan music. Jasa penyanyi pernikahan biasanya sekitar Rp1 juta sampai Rp2 juta belum termasuk dengan biaya latihan, busana, dan biaya alat musik. Untuk itu, sediakan biaya maksimal Rp3 juta.

11. Biaya pernikahan tak terduga

Siapkan biaya tak terduga untuk simpanan dan jika dibutuhkan tidak akan kebingungan. Siapkan saja Rp. 1 juta untuk biaya tak terduga misalnya transportasi dan lain sebagainya.

Tabel Biaya Pernikahan Sederhana

Keperluan

Jumlah Biaya

Biaya pendaftaran pernikahan

Rp600 ribu – Rp1 juta

Biaya mahar dan mas kawin

Rp6-Rp7 juta

Biaya Hantaran

Rp2-Rp5 juta

Biaya cincin nikah

Rp5 juta-Rp6 juta

Biaya undangan dan suvenir pernikahan

Rp2 juta

Biaya catering pernikahan

Rp10 juta (dengan estimasi 200 porsi)

Biaya rias dan busana

Rp5 juta

Biaya dekorasi dan tempat

Rp2juta – Rp15 juta

Biaya dokumentasi foto dan video

Rp3 juta

Biaya hiburan musik

Rp3 juta

Biaya tak terduga

Rp1 juta